Merawat Mebel Jati

Mebel jati yang terbuat dari kayu jati memang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia maupun manca negara. Hal ini dikarenakan banyaknya hutan yang ada di Indonesia maupun pengrajin jati di daerah Jawa khususnya Jepara (lebih dikenal Jati Jepara) yang terus berinovasi  mengembangkan produk (mengikuti selera pasar) yang dihasilkan menjadi barang yang bernilai. Produk yang dihasilkan antara lain : Kursi Tamu, Sofa, Dipan (Tempat Tidur), Lemari Pakaian, Lemari Pajang, dll hingga sampai barang terkecil pun berupa souvenir.

Dipasar banyak sekali produsen mebel jati menawarkan produk-produknya dari design yang klasik hingga yang minimalis, tentunya dari design tersebut mempunyai penggemar tersendiri. Harga dipasaran mebel jati ada yang menjual dengan harga murah hingga bahkan sampai jutaan rupiah. Hal ini disebabkan karena semakin tua dan kering kayu jati tersebut maka harga jualnya pun akan ikut tinggi, dan sebaliknya kalau kayu jati tersebut masih belum siap olah (kayu muda) dan basah maka harga akan lebih murah dibanding dengan kayu yang siap olah dan kering.

Nah, kali ini admin coba akan uraikan bagaimana Merawat furniture jati /mebel jati antara lain :

  1. Tempatkan mebel jati Anda di tempat yang memiliki suhu normal dan tidak lembab.
  2. Usahakan pula agar mebel jati tersebut tidak terkena sinar matahari atau sumber panas lainnya secara langsung, karena dapat membuat mebel jati Anda terlihat kusam, lapisan retak atau melengkung.
  3. Bersihkan sela-sela ukiran atau sudut mebel jati atau furniture jati Anda dengan menggunakan kuas halus berukuran kecil. Di titik-titik inilah debu dan jamur sering bersarang. Kuas kecil akan menyapu sudut-sudut yang susah dijangkau dengan kain lap. Sapukan kuas dengan halus sampai bersih.
  4. Gunakan pledge untuk membersihkan permukaan mebel. Semprotkan pledge ke permukaan mebel dan sela-sela  kayu. Semprotkan seperlunya. Jangan sampai berlebihan. Pledge bisa anda dapatkan di toko furniture atau pasaran.

Jagalah permukaan furniture dengan baik, menghindari adanya goresan, noda maupun warna yang semakin kusam. Bersihkan Mebel jati Anda dengan cara di atas paling tidak satu bulan sekali. Untuk pembersihan harian, cukup sapu permukaan mebel atau meja kayu anda dengan kemoceng secara merata.

Dengan perawatan rutin tersebut dijamin furniture jati anda baik furniture jati minimalis maupun ukiran akan awet sepanjang masa sehingga menjadi perabot warisan keluarga.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *