Perbedaan Kayu Jati Jepara

Perbedaan kayu jati jepara, panduan agar anda tidak tertipu saat membeli produk mebel jati atau furniture jati yang banyak beredar dipasaran, Kenapa kami merekomendasikan kepada pembaca memilih produk mebel jati dari Jepara. berikut coba kami jelaskan/uraikan kualitas kayu jati yang bagus tergantung dari iklim daerah masing-masing, contohnya, Kayu Jati Jepara (Jawa Tengah) kayunya lebih tua dan lebih kering.

Kenapa? karena kayu jati disana tumbuh  dilahan yang panas yang mengakibatkan masa pertumbuhannya yang lama, sehingga membentuk struktur kayu yang lebih padat, keras, dan kering urat kayu lebih jelas, dan jati jawa tengah lebih anti rayap. Beda dengan jati yang tumbuh di Jawa Barat contohnya, daerah sana resapan airnya lebih banyak, tumbuh di tanah merah dan kadar airnya lebih banyak.

Umur kayu jati bisa kita lihat dari seratnya, kenapa? serat kayu jati itu terbentuk dengan hitungan tahun, dan selama ini kita sering dengar jati itu kan berat, itu tidak benar, kayu jati bila berat berarti kadar airnya masih banyak, sedang yang bagus adalah kadar airnya harus lebih kecil dan rendah, akan berakibat pewarnaan dan proses lainnya akan bisa menempel lebih bagus pada kayu yang  kadar airnya lebih rendah.